• Karya Tulis Ilmiah



    Karya Tulis Ilmiah
    Gaya Hidup Manusia (Era lama VS Era Tekhnologi)





    D I S U S U N    O L E H :

    RURI DWIPARI
    (111402081)





    Program Studi S-1 Teknologi Informasi
    Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
    Universitas Sumatera Utara
    2013



    Kata Pengantar

            Puji dan syukur kehadirat Allah SWT karena atas berkat dan rahmatnya sehingga penulis masih dapat menyelesaikan karya ilmiah ini yang berjudul “Gaya Hidup Manusia (Era lama VS Era Tekhnologi)” dengan tepat waktu.

           Terima kasih penulis ucapkan kepada Ibu Filia Dina Anggraini selaku dosen mata kuliah Pengantar Psikologi Umum yang telah membimbing sehingga penulis dapat menyelesaikan karya ilmiah tersebut.
            Dan tak lupa pula penulis ucapkan kepada teman-teman yang telah membantu penulisan karya ilmiah secara langsung maupun tidak langsung yang namanya tidak dapat disebutkan satu-persatu.
         Dengan selesainya karya ilmiah ini, penulis mengharapkan akan dapat memberikan pengetahuan tambahan tentang “ Gaya Hidup Manusia(Era lama VS Era Tekhnologi)” dimasa yang akan datang dan juga sebagai bahan referensi bagi mereka yang membutuhkan informasi tentang karya ilmiah yang berhubungan dengan “Gaya Hidup Manusia (Era Lama VS Era Tekhnologi)”.
           Penulis sadar bahwa karya ilmiah ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu, sudilah kiranya pembaca memberikan masukan dan saran sehingga karya tulis ini dapat lebih baik kedepannya.
            Akhir kata penulis berharap semoga karya tulis ilmiah ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan bagi siapa saja yang memerlukannya dimasa yang akan datang.

    Medan, April 2013 


    Penulis

     

    DAFTAR ISI
    Kata Pengantar
    Daftar Isi
    Bab 1 Pendahuluan
    1.1  Latar Belakang
    1.2  Perumusan Masalah
    1.3  Tujuan Penulisan
    Bab 2 Pembahasan
    2.1  Pengertian Teknologi
    2.2  Pengertian Gaya Hidup
    2.3  Gaya hidup manusia pada era lama
    2.4  Gaya hidup manusia pada era teknologi maju
    2.5  sisi positif dan negatif pada pola pikir dan gaya hidup manusia di era lama yang belum merasakan perkembangan tekhnologi maju dari berbagai aspek kehidupan
    2.6  Dampak positif dan negatif perkembangan teknologi terhadap pola pikir dan gaya hidup manusia di era teknologi maju dari berbagai aspek kehidupan.
    Bab 3 Penutup
    3.1  Kesimpulan
    3.2  Saran
    Daftar Pustaka


    BAB I
    PENDAHULUAN

    1.1 Latar Belakang
         Dewasa ini, seiring berkembangnya arus globalisasi, berkembang jugalah yang dinamakan teknologi. Sekarang ini, manusia hidup di masa yang serba canggih dan mudah, segala yang dicari dan diinginkan sudah dapat dipenuhi dengan teknologi yang memanjakan. Teknologi seakan menjadi pemuas kebutuhan dan sudah mulai didewakan oleh berbagai kalangan disebabkan keunggulan-keunggulan yang dimilikinya.
    Seperti yang dapat kita lihat sekarang ini, semakin besar populasi manusia yang mengikuti perkembangan teknologi. Kita ambil saja sebagai contoh, handphone. Di jaman sekarang ini, hampir tidak ada lagi yang tidak memilikinya, dikarenakan kebutuhan ataupun karena ikut-ikutan. Sekarang ini, handphone bukan lagi sekedar alat untuk berkomunikasi, sudah banyak aplikasi yang ditawarkan oleh handphone itu sendiri, biasa kita sebut sebagai smartphone. masyarakat sebagai penikmatnya sendiri cenderung mengikuti pasar gadget dikarenakan hanya sebagai pengikut arus teknologi, dibandingkan disebut sebagai orang yang memang membutukannya.
          Kemajuan teknologi  telah banyak merubah nilai-nilai yang ada dimasyarakat, kemajuan teknologi seperti televisi, internet, telepon genggang yang bukan hanya dapat dinikmati oleh remaja kota pada saat ini, remaja pelosok desa pun sekarang dapat menikmati kemajuan teknologi tersebut. Dan perkembangan teknologi juga perlahan-lahan mengubah gaya hidup dan pola pikir manusia yang hidup pada era tekhnologi maju saat ini.

    1.2 Perumusan Masalah
    1. Apa yang dimaksud dengan teknologi ?
    2. Apa yang dimaksud dengan gaya hidup?
    2. Bagaimana gaya hidup manusia pada era lama ?
    3. Bagaimana gaya hidup manusia pada era teknologi maju ?
    5. Apa dampak positif dan negatif perkembangan teknologi terhadap pola pikir dan gaya hidup manusia di era teknologi maju ?

    1.3 Tujuan & Manfaat Penulisan       
    1. Untuk memberikan informasi dan pengertian teknologi dan Gaya hidup.
    2. Untuk mengetahui sisi positif dan negatif pada pola pikir dan gaya hidup manusia di era lama yang belum merasakan perkembangan tekhnologi maju.
    3. Untuk mengetahui dampak positif dan negatif perkembangan teknologi terhadap pola pikir dan gaya hidup manusia di era teknologi maju.



    BAB II
    PEMBAHASAN 
    2.1 Pengertian Teknologi
             
    Menurut Prayitno dalam Ilyas (2001), teknologi adalah seluruh perangkat ide, metode, teknik benda-benda material yang digunakan dalam waktu dan tempat tertentu maupun untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sedangkan menurut Mardikanto (1993), teknologi adalah suatu perilaku produk, informasi dan praktek-praktek baru yang belum banyak diketahui, diterima dan digunakan atau diterapkan oleh sebagian warga masyarakat dalam suatu lokasi tertentu dalam rangka mendorong terjadinya perubahan individu dan atau seluruh warga masyarakat yang bersangkutan.
    Sedangkan remaja sendiri berasal dari kata latin adolesence yang berarti tumbuh atau tumbuh menjadi dewasa. Istilah adolensence mempunyai arti yang lebih luas lagi yang mencakup kematangan mental, emosional sosial dan fisik (Hurlock, 1992). Remaja sebenarnya tidak mempunyai tempat yang jelas karena tidak termasuk golongan anak tetapi tidak juga golongan dewasa atau tua. Seperti yang dikemukakan oleh Calon (dalam Monks, dkk 1990) bahwa masa remaja menunjukkan dengan jelas sifat transisi atau peralihan karena remaja belum memperoleh status dewasa dan tidak lagi memiliki status anak.

    2.2 Pengertian Gaya Hidup
    Gaya hidup sendiri adalah pola hidup seseorang di dunia yang dapat mencirikan bahwa sebuah dunia modern, atau yang biasa juga disebut modernitas. Gaya hidup menggambarkan tentang keseluruhan diri seseorang dalam berinteraksi dengan lingkungannya yang dapat diekspresikan dalam aktivitas, atau minatnya masing-masing.
    Gaya hidup juga dapat diartikan sebagai alat yang dipakai oleh seseorang dalam berperilaku atau dengan kata lain menunjukkan perilaku atau karakter aslinya yang dapat dijadikan konsekuensi dalam membentuk pola perilaku tertentu. Terutama bagaimana seseorang ingin dipersepsikan oleh lain itu berdasarkan perilaku atau gaya hidup orang tersebut sehingga ia dapat membentuk dirinya dimata orang lain, maka dari itu gaya hidup juga berkaitan dengan status sosial seseorang.

    2.3 Gaya hidup manusia pada era lama
                Tidak seperti pada zaman sekarang, masyarakat pada era lama lebih menjadi tingkah laku dan prilaku santun mereka terhadap hubungan antar orang yang lebih tua sesama maupun orang yang lebih muda. Tekhologi yang belum begitu berkembang dan berpengaruh terhadap kehidupan manusia menjadikan mereka masyarakat yang lebih mandiri dan melakukan banyak pekerjaan dengan cara manual. Hal ini sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan mereka karena sering menggerakkan tubuh mereka untuk melakukan kegiatan sehari – hari. Mereka juga memiliki banyak waktu dalam menjalin silahturahim terhadap sesama dengan bertemu secara langsung, tidak melewati dunia maya atau sebagainya sehingga hubungan yang terjalin terasa lebih dekat serta menghindari kesalahpahaman yang sering terjadi pada masa sekarang saat berhubungan jarak jauh melalui dunia maya.
    2.4 Gaya hidup manusia pada era tekhnologi
         Di era modernisasi saat ini, segala sesuatu kegiatan selalu bergantung pada tekhnologi.Tekhnologi yang selalu berkembang tanpa batas seperti kreatifitas manusia yang tidak memiliki batasan membuat para IT berlomba-lomba membuat program baru dan aplikasi yang canggih serta gadget yang sangat membantu dalam kegiatan sehari-hari dengan desain yang menarik. masyarakat sebagai penikmatnya sendiri cenderung mengikuti pasar gadget dikarenakan hanya sebagai pengikut arus teknologi, dibandingkan disebut sebagai orang yang memang membutukannya.
          Kemajuan teknologi  telah banyak merubah nilai-nilai yang ada dimasyarakat, kemajuan teknologi seperti televisi, internet, telepon genggang yang bukan hanya dapat dinikmati oleh remaja kota pada saat ini, remaja pelosok desa pun sekarang dapat menikmati kemajuan teknologi tersebut. Dan perkembangan teknologi juga perlahan-lahan mengubah gaya hidup dan pola pikir manusia yang hidup pada era tekhnologi maju saat ini.

    2.5 Sisi Positif dan Negatif pola pikir dan gaya hidup manusia di era lama yang belum merasakan perkembangan tekhnologi maju dari berbagai aspek kehidupan

    2.5.1 Sisi Positif

    Dari sisi pendidikan:
    -          Rajin
                Zaman dahulu yang belum didukung oleh banyak tekhnologi membuat siswa-siswa dituntut untuk dapat mandiri dalam menuntut ilmu. Siswa zaman dahulu cenderung rajin karena tidak dimanjakan oleh berbagai alat tekhnologi yang canggih dalam mendukung pembelajaran layaknya seperti browshing pada zaman sekarang. Sehingga seperti untuk mencari suatu referensi mereka harus mencari keberbagai sumber buku diperpustakaan.

    -          Disiplin dan Berlaku jujur
    Siswa-siswi pada zaman dahulu dididik keras dan disiplin sebagai pengaruh dari zaman yang baru terlepas dari penjajahan. Sehingga para pendidik terbiasa mendidik siswa dengan displin yang tinggi. Siswa – siswi pada zaman dahulu memiliki sifat jujur yang tinggi karena kurangnya fasilitas untuk berlaku curang dalam belajar sperti teknologi sekarang ini yaitu handphone yang bisa browsing, kamera handphone, jam tangan berteknologi tinggi, kamera mini dan berbagai teknologi lainnya kerap kali menjadikannya sebagai media melakukan kecurangan dalam ujian.

    Dari sisi sosial:

    - Memiliki rasa hormat yang tinggi kepada orang yang lebih tua.
    - Peduli pada lingkungan sekitar
    -   Terjalin silahturahmi yang kuat dengan pertemuan dan perkumpulan secara langsung dan intensif
    -  Saling bahu membahu dalam menyelesaikan pekerjaan

    2.5.2 Dampak negatif

    Dari sisi pendidikan:
    - Tidak adanya peningkatan dalam pelajaran
    Memang tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan teknologi seperti kamera digital, proyektor, perangkat lunak, komputer, presentasi PowerPoint, alat visualisasi 3D sangat dibutuhkan dalam menunujang proses belajar mengajar dan telah menjadi sumber daya besar bagi guru untuk membantu siswa memahami konsep dengan mudah.karena itu siswa-siswi zaman dahulu sangat sulit dalam meningkatkan cara belajar mereka dengan tidak difasilitaskan teknologi yang canggih dan proses belajar cenderung bersifat manual.
    - Sulitnya mengakses pengetahuan yang luas

    Untuk menmabah wawasan yang luas terutama ilmu diberbagai penjuru dunia membutuhkan waktu yang lama dan kajian yang sulit karena sumber didapat secara manual seperti buku diperpustakaan. Sehingga siswa-siswi zaman dahulu memiliki wawasan yang tidak begitu luas terhadap pengetahuan umum global.

    - Susah menjangkau sumber pengetahuan dengan dengan adanya jarak

    Dari sisi ekonomi dan industri:
    -  Pertumbuhan ekonomi cenderung lambat dan tidak ada progress
    - Belum mendukung kemajuan produktifitas dunia industri.

    2.6 Dampak Positif  dan Negatif Perkembangan Teknologi

    2.6.1 Dampak Positif Perkembangan Tekhnologi

    Tentu saja perkembangan teknologi membawa dampak positif yang memang memiliki tujuan umum demikian. Berbagai dampak positif itu dirasakan dari berbagai sisi. Mulai dari sisi pendidikan, sisi sosial dan juga sisi ekonomi dan industri.

    Dari sisi pendidikan:
    - Peningkatan pembelajaran
    Perkembangan teknologi seperti kamera digital, proyektor, perangkat lunak, komputer, presentasi PowerPoint, alat visualisasi 3D telah menjadi sumber daya besar bagi guru untuk membantu siswa memahami konsep dengan mudah. Tentunya perkembangan teknologi ini menjadikan kelas lebih interaktif dan menarik dan membuat siswa lebih semangat mengikuti pembelajaran.
    - Peningkatan Pengetahuan
    Siswa dapat menyelesaikan proyek penelitian dengan mengacu pada sejumlah besar informasi yang tersedia di internet, yang mampu mengembangkan analisa yang baik dan ketrampilan riset.

    - Tidak ada jarak
      Sebagai guru, akan lebih mudah untuk memberikan materi belajar dengan menggunakan internet sebagai alat komunikasi. Perkembangan teknologi telah membuat hidup lebih mudah bagi guru dan siswa.

    Dari sisi sosial:

    Kita bisa mendapatkan banyak teman baru dengan lebih mudah menggunakan gadget dan tentunya melalui internet. Kita bisa mengirim pesan dengan lebih mudah kepada teman ataupun saudara yang berada didalam maupun luar negeri misalnya saja menggunakan email, Blackberry Messanger ataupun bermacam chatting application lainnya seperti Line, Whatsapp, Wechat  dll. Bisa juga melalui facebook, twitter ataupun blog. Tak hanya tulisan, kita juga bisa berbagi foto, suara bahkan video dengan mudah.

    Dari sisi ekonomi dan industri:
    -  Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
    -  Terjadinya industrialisasi
    - Produktifitas dunia industri semakin meningkat
    Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktifitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industry akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko.

    2.6.2 Dampak Negatif Perkembangan Teknologi

         Dengan begitu banyaknya dampak positif yang diberikan lewat perkembangan teknologi, tetap saja tidak terlepas dari dampak negatifnya. Perkembangan teknologi juga membawa beberapa dampak negatif dari berbagai sisi. Mulai dari sisi pendidikan dan juga sisi sosial.

    Dari sisi pendidikan:
    -          Malas
    Teknologi membuat siswa kurang produktif dan malas. Dikarenakan yakinnya ada jawaban bagi setiap pertanyaan ataupun tugas yang ada, kerap kali membuat para siswa malas dan menganggap enteng tugas tersebut. Mereka hanya meng-copy paste tugas mereka yang mereka dapatkan melalui internet dan sering juga tidak mempelajari apa yang mereka dapatkan.

    -          Curang
    Dengan begitu banyaknya kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi sekarang ini seperti handphone yang bisa browsing, kamera handphone, jam tangan berteknologi tinggi, kamera mini dan berbagai teknologi lainnya kerap kali menjadikannya sebagai media melakukan kecurangan dalam ujian. Mereka bisa mencari jawaban ujiannya melalui internet ataupun berbagi jawaban satu dengan yang lain dengan memfoto kertas jawaban mereka dan berbagi dengan yang lainnya.

    -          Kurangnya fokus
    SMS ataupun berbagai chatting application yang sekarang menjadi teman setia berbagai siswa sering membuat mereka kurang fokus baik pada saat pembelajaran di sekolah ataupun dimanapun. Mereka terlalu asik dengan gadget mereka dan tidak begitu memperhatikan sekitarnya. Bukan hanya itu, dengan berbagai macam social media dan juga bermacam game menarik yang sudah dapat diakses di handphone ataupun tablet menjadikan siswa sering terlalu asik dengan dunianya sendiri.

    Dari sisi sosial:

    - Menjadikan manusia cenderung asik sendiri dengan gadgetnya dan tidak menghiraukan lingkungan sekitar
    - Ketidakmampuan membatasi diri dalam penggunaan gadget (bisa sehiarian menggunakannya)
    -    Menjadikan manusia egois dan tidak terkendali
    -  Kurangnya bersosialisasi dengan lingkungan sekitar (bersosialisasi secara nyata)
    -    Cenderung asik dengan dunianya sendiri
    -    Menjadikan manusia menjadi lebih apatis
    -  Adanya hasrat yang besar untuk terus mengikuti perkembangan teknologi dikarenakan gengsi
     BAB III
     PENUTUP

    3.1  Kesimpulan
               Masyarakat yang berada pada zaman tekhnologi maju tidak selalu unggul dalam segala bidang dibandingkan masyarakat dahulu yang masih memiliki gaya hidup yang sederhana dan pola pikir primitif. Setiap era- nya, pola pikir dan prilaku manusia memiliki sisi postif dan negatifnya tersendri. Seperti padae era lama, masyarakatnya lebih unggul dibandingkan dengan masyarakat zaman sekarang dalam hal bersikap dan bertingkah laku dalam hubungan bermasyarakat dan memiliki semngat yang tinggi dalam melakukan kegiatan sehari-hari.tapi tidak halnya dalam pola pikir,pola pikir masyarakat zaman dahulu cenderung lebih primitif terhadap kemajuan dalam pengetahuan.
                Sedangkan masyarakat zaman sekarang memiliki pola pikir yang bagus terhadap perkembangan tekhnologi dan lebih berfikir maju dalam hal pengetahuan. Tapi tidak dalam hal bersikap dan bertingkah laku di lingkungan sekitar. Dikarenakan efek dari perkembangan tekhnologi yang mempengaruhi psikologis masyarakat.

    3.2 Saran
               Di era perkembangan tekhnologi yang pesat saat ini, kita dapat mengambil pembelajaran dari gaya hidup manusia era lama yang sangat mengedepankan prilaku dan tingkah laku yang baik. Dengan begitu kita dapat menjadi manusia yang cerdas dimana dapat memanfaatkan pengetahuan dan ilmu yang tersebar dengan perkebamgan tekhnologi tetapi tidak melupakan jati diri kita, yaitu makhluk sosial yang saling membutuhkan dan berinteraksi satu sama lain. Sehingga kita tetap dapat mengedepankan sopan santun dan adat istiadat kita sebagai masyarakat timur yang terkenal dengan sopan santun yang tinggi kepada sesama.

    Daftar Pustaka













0 komentar:

Posting Komentar